1. Santri
akan tinggal satu rumah dengan pengasuh santri. Pengasuh santri
melakukan pembinaan dan pengawasan kehidupan sehari-hari para santri.
2. Pengasuh santri adalah pengganti orang tua dan menjadi guru bagi para santri
3. Santri
mendapatkan pembinaan bahasa Inggris setidaknya 3 kalli dalam satu
hari. Untuk santri yang dianggap kurang mampu akan mendapatkan pembinaan
bahasa secara ekstra diluar jadwal bimbingan bahasa Inggris.
4. Santri
akan mendapatkan penekanan secara terus menerus untuk berbahasa Inggris
dalam kehidupan sehari-hari di Pondok darul Lughoh.
5. Santri mendapatkan bimbingan keagamaan dan pengawasan praktik ibadah setiap hari.
6. Komunikasi
dua arah antara santri dan pengasuh menjadi solusi atas setiap
permasalahan yang mungkin muncul selama proses pembinaan
PENDIDIKAN FORMAL
Sekolah formal di Buntet Pesantren
1. Akademi Perawat Buntet Pesantren
2. Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah
3. SMK Mekanika Buntet Pesantren
4. Madrasah Aliyah Negeri (MAN)
5. Madrasah Aliyah Nahdlatul Ulama Putera (MANU Putra)
6. Madrasah Aliyah Nahdlatul Ulama Puteri (MANU Putri)
7. Madrasah Tsanawiyah Nahdlatul Ulama Putra I (MTsNU Putra I)
8. Madrasah Tsanawiyah Nahdlatul Ulama Putra II (MTsNU Putra II)
9. Madrasah Ibtidaiyah
10. Madrasah Diniyah
11. Taman Kanak-Kanak
JADWAL KEGIATAN DI PONDOK DARUL LUGHOH
Sunday, December 3, 2017
VISI & MISI DARUL LUGHOH
VISI :
Lancar
berbahasa Inggris, Terbuka terhadap pembaharuan, Santun dalam bersikap,
Istiqomah dalam beribadah, Teliti dalam bertindak, Professional dalam
pembinaan.
MISI
:
1.
Menyelenggarakan pembinaan keagamaan dengan faham Ahlu sunnah Wal jamaah
berdasarkan pada pemikiran ulama Nahdhotul Ulama
2.
Menyiapkan santri yang lancar berbahasa Inggris
3.
Membina pelaksanaan ibadah praktis
4.
Membangun sumber daya manusia yang tangguh dan berkualitas
5.
Mempersiapkan santri untuk mampu bersaing secara global
MENGENAL DARUL LUGHOH pesantren berbasis bahasa Inggris
Darul
Lughoh adalah pondokan yang berdiri dibawah naungan Yayasan Lembaga
Pendidikan Islam Buntet Pesantren Cirebon. Pondok Darul Lughoh menjadi
sebuah jawaban atas kebutuhan para santri dalam menguasai bahasa
Inggris. Pondok Darul Lughoh hanya mengkhususkan pada penguasaan bahasa
Inggris, kajian kitab kuning, tahfidz dan penekanan pada akhlaq
karimah.
Darul Lughoh merupakan pondok pesantren yang berbasis bahasa Inggris. Para santri akan mendapatkan pengasuhan berbahasa Inggris dan pelatihan pengembangan bahasa Inggris secara teratur setiap hari. Ada beberapa alas an yang mendorong pendiri Pondok Darul Lughoh mendirikan pesantren berbasih bahasa Inggris.
1. Dunia sudah semakin menyempit. Ada begitu banyak penyatuan organisasi antar Negara. Baik dalam dunia pendidikan, ekonomi, politik, social dan keagamaan. Lalu lintas manusia dari satu Negara dengan Negara lain begitu intens. Maka bahasa Inggris menjadi bahasa pemersatu di di dunia.
2. Bahasa Inggris adalah bahasa yang paling banyak digunakan di banyak Negara di dunia ini. Sehingga ketika kita pergi ke Negara manapun, selama mampu berbahasa Inggris maka kita tidak akan menemukan hambatan dalam berkomunikasi.
3. Dengan menguasai bahasa Inggris maka para santri akan mendapatkan kesempatan yang lebih besar dan lebih banyak di kemudian hari. Mulai dari kesempatan belajar di banyak Negara berbasis bahasa Inggris atau pun mendapatkan pekerjaan di tempat-tempat yang baik.
4. Memiliki kemampuan berbahasa Inggris akan membuat santri lebih disukai ketika terjun dalam dunia kerja atau pergaulan di lingkungan sosialanya. Karena penguasaan bahasa Inggris membutuhkan komitmen yang kuat sehingga orang lain memiliki keyakinan bahwa santri yang memiliki kemampuan berbahasa Inggris adalah santri yang memiliki komitmen, mampu bekerja keras, belajar cerdas dan pantang menyerah.
5. Bahasa Inggris juga menjadikan santri menemukan banyak kemudahan ketika kuliah di perguruan tinggi di Indonesia dan luar negeri dalam menjari literature atau referensi yang kebanyakan ditulis dalam bahasa Inggris.
6. Dan masih banyak alasan lainnya.
Darul Lughoh merupakan pondok pesantren yang berbasis bahasa Inggris. Para santri akan mendapatkan pengasuhan berbahasa Inggris dan pelatihan pengembangan bahasa Inggris secara teratur setiap hari. Ada beberapa alas an yang mendorong pendiri Pondok Darul Lughoh mendirikan pesantren berbasih bahasa Inggris.
1. Dunia sudah semakin menyempit. Ada begitu banyak penyatuan organisasi antar Negara. Baik dalam dunia pendidikan, ekonomi, politik, social dan keagamaan. Lalu lintas manusia dari satu Negara dengan Negara lain begitu intens. Maka bahasa Inggris menjadi bahasa pemersatu di di dunia.
2. Bahasa Inggris adalah bahasa yang paling banyak digunakan di banyak Negara di dunia ini. Sehingga ketika kita pergi ke Negara manapun, selama mampu berbahasa Inggris maka kita tidak akan menemukan hambatan dalam berkomunikasi.
3. Dengan menguasai bahasa Inggris maka para santri akan mendapatkan kesempatan yang lebih besar dan lebih banyak di kemudian hari. Mulai dari kesempatan belajar di banyak Negara berbasis bahasa Inggris atau pun mendapatkan pekerjaan di tempat-tempat yang baik.
4. Memiliki kemampuan berbahasa Inggris akan membuat santri lebih disukai ketika terjun dalam dunia kerja atau pergaulan di lingkungan sosialanya. Karena penguasaan bahasa Inggris membutuhkan komitmen yang kuat sehingga orang lain memiliki keyakinan bahwa santri yang memiliki kemampuan berbahasa Inggris adalah santri yang memiliki komitmen, mampu bekerja keras, belajar cerdas dan pantang menyerah.
5. Bahasa Inggris juga menjadikan santri menemukan banyak kemudahan ketika kuliah di perguruan tinggi di Indonesia dan luar negeri dalam menjari literature atau referensi yang kebanyakan ditulis dalam bahasa Inggris.
6. Dan masih banyak alasan lainnya.
DARUL LUGHOH pesantren berbasis bahasa Inggris
Darul Lughoh adalah pondokan yang berdiri dibawah naungan Yayasan Lembaga Pendidikan Islam Buntet Pesantren Cirebon. Pondok Darul Lughoh menjadi sebuah jawaban atas kebutuhan para santri dalam menguasai bahasa Inggris. Pondok Darul Lughoh hanya mengkhususkan pada penguasaan bahasa Inggris, kajian kitab kuning, tahfidz dan penekanan pada akhlaq karimah.
Darul Lughoh merupakan pondok pesantren yang berbasis bahasa Inggris. Para santri akan mendapatkan pengasuhan berbahasa Inggris dan pelatihan pengembangan bahasa Inggris secara teratur setiap hari. Ada beberapa alas an yang mendorong pendiri Pondok Darul Lughoh mendirikan pesantren berbasih bahasa Inggris.
1. Dunia sudah semakin menyempit. Ada begitu banyak penyatuan organisasi antar Negara. Baik dalam dunia pendidikan, ekonomi, politik, social dan keagamaan. Lalu lintas manusia dari satu Negara dengan Negara lain begitu intens. Maka bahasa Inggris menjadi bahasa pemersatu di di dunia.
2. Bahasa Inggris adalah bahasa yang paling banyak digunakan di banyak Negara di dunia ini. Sehingga ketika kita pergi ke Negara manapun, selama mampu berbahasa Inggris maka kita tidak akan menemukan hambatan dalam berkomunikasi.
3. Dengan menguasai bahasa Inggris maka para santri akan mendapatkan kesempatan yang lebih besar dan lebih banyak di kemudian hari. Mulai dari kesempatan belajar di banyak Negara berbasis bahasa Inggris atau pun mendapatkan pekerjaan di tempat-tempat yang baik.
4. Memiliki kemampuan berbahasa Inggris akan membuat santri lebih disukai ketika terjun dalam dunia kerja atau pergaulan di lingkungan sosialanya. Karena penguasaan bahasa Inggris membutuhkan komitmen yang kuat sehingga orang lain memiliki keyakinan bahwa santri yang memiliki kemampuan berbahasa Inggris adalah santri yang memiliki komitmen, mampu bekerja keras, belajar cerdas dan pantang menyerah.
5. Bahasa Inggris juga menjadikan santri menemukan banyak kemudahan ketika kuliah di perguruan tinggi di Indonesia dan luar negeri dalam menjari literature atau referensi yang kebanyakan ditulis dalam bahasa Inggris.
6. Dan masih banyak alasan lainnya.
Darul Lughoh bekerja sama dengan Onetwo English
Seribuan Siswa-siswi Baru Ikuti MATSAMA YLPI Buntet Pesantren

![]() |
Perwakilan dari masing-masing Madrasah selepas Penyematan Atribut oleh Bapak Drs. H. Munib Rowandi, M. Pd |
1.
MI Wathoniyah Putri sebanyak 25 siswi.
2.
MTs NU Putra 1 sebanyak 237 siswa
3.
MTs NU Putra 2 sebanyak 140 siswa
4.
MTs NU Putri 3 sebanyak 260 siswa
5.
MA NU Putra sebanyak 142 siswa
6.
MA NU Putri sebanyak 136 siswi, dan
7.
SMK NU Mekanika sebanyak 154 siswa dan siswi.
MATSAMA YLPI Buntet Pesantren tahun ajaran 2016/2017 dibuka
oleh Drs. H. Munib Rowandi, M. Pd selaku Sekretaris YLPI Buntet Pesantren
bidang Pendidikan Formal. Dalam sambutannya, beliau menekankan bahwa
siswa-siswi baru di Madrasah yang berada di bawah naungan YLPI Buntet Pesantren
merupakan anak-anak yang beruntung karena Madrasah memiliki nilai-nilai plus
yang tidak didapatkan di sekolah umum serta telah melalui seleksi yang cukup
ketat baik seleksi tulis maupun lisan. Selain itu, beliau juga berpesan agar
selalu menjaga kebersihan, menurut beliau satu sampah yang dihasilkan kita
adalah amanah untuk disampaikan pada tempat sampah, jadi orang-orang yang
membuang sampah sembarangan adalah orang-orang yang tidak amanah.

Selamat kepada seluruh siswa-siswi baru, selamat meraih
prestasi di madrasah masing-masing.
Sumber : www.buntetpesantren.org
Sumber : www.buntetpesantren.org
MENGENAL AKPER BUNTET PESANTREN
Buntet Pesantren Cirebon memiliki perguruan tinggi bernama Akademi
Perawat atau Akper Buntet Pesantren. Kelebihannya, selain mendalami ilmu
keperawatan plus mereka para mahasiswa diajarkan kehidupan sosial
masyarakat yang diajarkan pesantren.
SPP : : Rp. ,-
Data dosen mungkin berbeda dengan adanya dosen yang melanjutkan pendidikan saat data diinput
Data akan disesuaikan saat update berikutnya.
** (Untuk Staf Prodi Universitas Bersangkutan) Silahkan Setor Laporan Terbaru anda ke DIKTI dengan Baik dan benar.
Kesalahan Laporan akan mengakibatkan kesalahan data Keterlambatan Laporan mengakibatkan data tidak Up TO date.
Terimakasih.
Akademi Keperawatan Buntet Pesantren
Akademi keperawatan ini diperkirakan berjumlah mata kuliah sebanyak SKS :
110. Silakan jika Anda yang menginginkan informasi lebih jauh bisa
menghubungi alamat berikut ini:
Alamat : 0231-635747-636985
Telepon Program Studi : 0231-635747-636985
Website : www.akper.buntetpesantren.org
Mulai Beroperasi : 2005-05-10
Nomor SK DIKTI : 47/D/O/2005
SK DIKTI Berakhir : 2007-05-10
Ketua Prodi :SUPRIYATNA
Alamat : 0231-635747-636985
Telepon Program Studi : 0231-635747-636985
Website : www.akper.buntetpesantren.org
Mulai Beroperasi : 2005-05-10
Nomor SK DIKTI : 47/D/O/2005
SK DIKTI Berakhir : 2007-05-10
Ketua Prodi :SUPRIYATNA
Visi
- menghasilkan
Ahli Madya Keperawatan Yang Bertakwa Kepada Allah Swt, Berakhlak Mulia,
Profesional,memiliki Intelektualitas Tinggi, Terampil Dan Mandiri
Melalui Peningkatan Kualitas Intelektual Dan Rohani/akhlakul Karimah
Misi
Menghasilkan Ahli Madya Keperawatan Yang Bertakwa Kepada Allah Swt, Berakhlak Mulia,profesional,memiliki Intelektual Tinggi, Terampil Dan MandiriPerkiraan Biaya Kuliah (on Progress)
Pembayaran Awal Masuk / Sumbangan Pembangunan : Rp. ,-SPP : : Rp. ,-
Komposisi Dosen Pengajar
Kualifikasi Dosen Pengajar |
Jumlah |
|
---|---|---|
Sarjana S1 | S-1 | 15 orang |
Data akan disesuaikan saat update berikutnya.
Dosen Pengajar Keperawatan Akademi Keperawatan Buntet Pesantren |
---|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
** (Untuk Staf Prodi Universitas Bersangkutan) Silahkan Setor Laporan Terbaru anda ke DIKTI dengan Baik dan benar.
Kesalahan Laporan akan mengakibatkan kesalahan data Keterlambatan Laporan mengakibatkan data tidak Up TO date.
Terimakasih.
Sumber: DIKTI
MANU Putri Gelar Pesta Demokrasi
![]() |
Salah satu kandidat tengah memaparkan visi dan misi |
Pasangan
nomor urut dua, Fatimah Nisrina dan Naila Izzati berhasil mendapatkan suara
terbanyak dengan perolehan 196 suara. Di bawahnya, nomor urut satu, pasangan
Umamah Mumtazah dan Maulida Fitria memperoleh 56 suara. Charisatina Maulidia
dan Farah Alfi Syahrin, pasangan nomor urut tiga, mendapat 45 suara. 19 suara
golput.
![]() |
Kehebohan Para pendukung Kandidat, Berbeda pilihan tetapi tetap damai yah nok :) |
Para
siswi MANU Putri membuat tulisan-tulisan mini nama panggilan setiap kandidat
sebagai bentuk dukungan terhadap kandidat yang mereka pilih. Suasana demikian
membuat semakin terasa aura pemilihannya.
![]() |
Debat Kandidat |
"Pemilihan
ini sengaja dibuat semirip mungkin dengan pemilu atau pilkada sebagai sarana
siswa belajar berdemokrasi," tutur pembina OSIS, Mutimatunnur.
![]() |
Guru juga memilih Lihat kotak suaranya, udah kaya pemilu beneran kan? hehe |
"Pesta demokrasi ini secara tidak langsung memberikan pembelajaran politik kepada para siswi kami. Sehingga pada saatnya nanti, mereka sudah mengerti tentang arti pentingnya kepemimpinan," lanjutnya.
Selamat untuk Rina dan Naila, Semoga bisa mewujudkan visinya melalui misi yang dijalankan secara istiqomah.
Sumber : www.buntetpesantren.org
YAYASAN LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM
MADRASAH ALIYAH NAHDLATUL ULAMA
( MANU PUTRA )
TERAKREDITASI “A”
BUNTET PESANTREN KECAMATAN ASTANAJAPURA KABUPATEN
CIREBON
A. Sejarah berdirinya
Madrasah Aliyah Nahdlatul
Ulama ( MANU Putra ) Buntet Pesantren Desa Mertapadakulon Kecamatan
Astanajapura Kabupaten Cirebon Provinsi Jawa Barat berdiri pada Hari Sabtu, 17
Juli 1983 atas dorongan siswa kelas III MTsNU Putra Buntet Pesantren Tahun
Pelajaran 1982/1983 direstui oleh para ulama/kiayai Pondok Buntet Pesantren dan
para orang tua/wali murid serta masyarakat sekitar
1. 1983 – 1984 : DR. KH. MA. Fuad Hasyim
2. 1984 – 1986 : KH. Fachruddin Mulyono
3. 1986 – 2000 : KH. Hasanuddin Kriyani, BA
4. 2000 – 2005 : Drs. KH. Hasyim Abkari
5. 2005 – 2012 : Drs. KH. Yusuf Ma'mun,MM
6. 2012 – Sekarang: KH. Ade Mohammad
Nasih, Lc.
C. Tenaga
Pengajar
Tenaga Pengajar Guru Profesional dari
YLPI Buntet Pesantren dan sebagian dari guru MAN Buntet Pesantren yang telah
memiliki Sertifikat Pendidik dan telah diakui oleh Pemerintah.
D. Nomor
HP yang dapat dihubungi
1.
KH. Ade Mohamad Nasih, Lc : 081313009292
2.
Edi Manshur,S.Ag :
081320612930
3.
H. Saefuddin Zaeni :
085324322257
4.
M. Bunyamin,SE :
081324230212
5.
Fikri Mubarok, S.Pd. :
081324208582
6.
Suwarno, S.Pd :
081324777937
Alamat Surat : MANU Putra Buntet Pesantren
Desa Mertapadakulon Kec. Astanajapura Kab.
Cirebon Provinsi Jawa Barat 45181
Email :
manuputra_buntet@yahoo.co.id
Weblog : www.manuputra.wordpress.com
E. VISI, MISI
DAN TUJUAN
1. Visi
“Terwujudnya insan Ahlussunnah Wal
Jama’ah yang berakhlakul karimah, memiliki etos belajar yang tinggi, disiplin,
komitmen pada dunia pendidikan, berwawasan ke depan, dan tangguh dalam
kompetisi global.”
2. Misi
a)
Menanamkan dan menumbuhkembangkan jiwa serta pengamalan Pancasila dalam
kehidupan berbangsa dan bernegara.
b)
Membentuk kepribadian Ahlussunnah Wal Jama’ah dalam kehidupan
sehari-hari.
c)
Mewujudkan manusia yang berilmu, jujur, istiqomah, kreatif, ikhlas
beramal, amanah, amar ma’ruf nahi munkar, dan berdaya saing.
d)
Menumbuhkan sikap disiplin, semangat keterbukaan, dan kebersamaan.
e)
Mewujudkan santri yang intelek dan intelektual santri yang memiliki
semangat berilmu amaliah dan beramal ilmiah.
1.
Tujuan
a)
Bidang Akademik
1.Peningkatan rata-rata Nilai Ujian
Nasional 7,50
2.Terampil melakasanakan ajaran
agama
3.Terampil berbahasa Inggris dan
Arab
4.Terampil dalam mengoperasikan
Komputer dan internet
b) Bidang Non Akademik
1.Terampil di bidang olah raga
2.Seni dan Kaligrafi
3.Ekstra kurikuler lainnya seperti
Kegiatan OSIS, Pramuka, Marching Band, Sholawat Khadrah, PASKIBRA dll
F. Penelusuran Alumni MANU Putra Buntet Pesantren
Diterima di Perguruan Tinggi baik
negeri maupun swasta seperti UI, UIN, IPDN, UPI, UGM, UNJ, PTAIN, PTS, Al-Azhar
Cairo dll
Alumni MANU Putra tersebar diseluruh instansi baik
pemerintah maupun swasta,antara lain: Dosen, LIPI, Guru, Da’I, TNI, POLRI, Dokter, perawat, Wirausaha dllSumber : www.buntetpesantren.org
PROFIL MADRASAH
PROFIL MADRASAH
1. IDENTITAS MADRASAH
Nomor Statistik Madrasah (NSM) : 121232090019
Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) : 20278785
Nama Madrasah : MTs NU Putra 1 Buntet Pesantren
Status : Swasta
Kegiatan Belajar Mengajar : Pagi
Alamat : Komplek Pondok Buntet Pesantren Desa Mertapada
Kulon Kec. Astanajapura Kab. Cirebon. 45181
Telepon
: 0231
635485
Email :
mtsnupoesat@gmail.com
Status Tanah : Milik Yayasan
Luas Tanah : 3000 m2
Luas Bangunan : 625 m2
Luasa Halaman : 2375 m2
Tahun
Pendirian Madrasah : 1977 (Perubahan dari PGA 4 tahun yang berdiri tahun
1958)
2. Sejarah
Pendirian Madrasah :
1. MTs NU
Putra 1 Buntet Pesantren adalah perubahan dari Pendidikan Guru Agama
Muallimin (PGA 4 tahun Muallimin) Buntet Pesantren yang didirikan oleh para
Kyai Buntet Pesantren pada tahun 1958.
2. Pada tahun
1978 PGA tersebut berubah menjadi MTs NU Putra 1 Buntet Pesantren
karena menyesuaikan dengan SK Menteri Agama Nomor 15, 16 dan 17 tertanggal
17 maret 1978 tentang Penyederhanaan bentuk dan Sistem Pendidikan.
3. Pada tahun
1981 berstatus Terdaftar dengan Piagam Madrasah dari Departemen
Agama Nomor 2.02.11.07.04 tertanggal 14 Pebruari 1981.
4. Pada tahun1999
berstarus jenjang akreditasi DISAMAKAN berdaarkan SK Kepala
Kantor Departemen Agama Provinsi Jawa Barat Nomor Wi/I/PP..03.2/217/1999
tertanggal 17 Juni 1999 dengan Nomor Piagam A/Wi/MTs/097/1999 dengan
nomor Statistik Madrasah 21.2.32.11.08.021.
5. Pada
tahun 2006 MTs NU Putra 1 Buntet Pesantren berstatus TERAKREDITASI dengan
peringkat B (Baik) berdasarkan Piagam Departemen Agama nomor B/Kw.10.4/MTs./II/054/2006 tertanggal 31
Maret 2006
3. Surat Keputusan (SK) Pendirian
Berdiri Tahun : 1977
Nomor : 2.02.11.07.04
Tanggal : 14 Februari 1981
Lembaga yang mengeluarkan
SK : Kantor
Wilayah Departemen Agama Provinsi Jawa Barat
Jenjang Akreditasi : B
Nomor : B/Kw.10.4/MTs./II/054/2006
Tanggal : 31 Maret 2006
Lembaga yang Mengeluarkan
SK : Departemen
Agama
Provinsi Jawa Barat
4. Kepala Madrasah
Nama Lengkap : H.
UBAIDILLAH, S.Pd.I, M. M.Pd
Tempat, Tanggal
lahir : Cirebon, 29
Oktober 1957
Nomor Induk
Pegawai (NIP) : 19571029 198803 1 001
Pangkat / Golongan : Pembina / IV/a
Pendidikan
terakhir : S.2
Jurusan : Manajemen Pendidikan
Alamat : Jl. KH.
Jawahir Dusun 02 Desa Buntet RT. 003
RW.
005 Kec. Astanajapura Kab. Cirebon
45181
Telepon : +62231637520 HP. 081320017385
Lembaga yang mengeluarkan
SK : Kantor Wilayah
Departemen Agama
Provinsi Jawa Barat
Nomor : Kw.10.1/2/KP.07.6/6748/2007
Tanggal :
12
November 2007
5. KEADAAN SISWA
a. Data Siswa
(6 Tahun Terakhir)
KEADAAN SISWA
|
TAHUN
PELAJARAN
|
KELAS
|
JUMLAH
(SISWA)
|
||
VII
|
VIII
|
IX
|
|||
JUMLAH SISWA
|
2007/2008
|
81
|
68
|
81
|
230
|
2008/2009
|
81
|
62
|
51
|
194
|
|
2009/2010
|
160
|
74
|
59
|
293
|
|
2010/2011
|
101
|
125
|
66
|
292
|
|
2011/2012
|
115
|
90
|
116
|
321
|
|
2012/2013
|
210
|
125
|
99
|
434
|
|
JUMLAH ROMBEL
|
2007/2008
|
2
|
2
|
2
|
6
|
2008/2009
|
2
|
2
|
2
|
6
|
|
2009/2010
|
3
|
2
|
2
|
7
|
|
2010/2011
|
2
|
3
|
2
|
7
|
|
2011/2012
|
3
|
2
|
3
|
8
|
|
2012/2013
|
5
|
3
|
2
|
10
|
|
JUMLAH MENGULANG
|
2007/2008
|
0
|
0
|
0
|
0
|
2008/2009
|
0
|
0
|
0
|
0
|
|
2009/2010
|
1
|
0
|
1
|
2
|
|
2010/2011
|
0
|
0
|
0
|
0
|
|
2011/2012
|
0
|
0
|
0
|
0
|
|
2012/2013
|
0
|
0
|
0
|
0
|
b. Data Siswa
Awal dan Akhir Tahun Pelajaran 2011/2012
KEADAAN SISWA
|
JUMLAH SISWA
KELAS
|
JUMLAH SISWA KESELURUHAN
|
||
VII
|
VIII
|
IX
|
||
Awal Tahun
|
132
|
101
|
115
|
348
|
Akhir Tahun
|
121
|
93
|
113
|
327
|
6. PROFIL TAMATAN
a. Data Tamatan (5 Tahun Terakhir)
TAHUN
PELAJARAN
|
TAMATAN
|
MELANJUTKAN
KEJENJANG SELANJUTNYA
|
RATA-RATA
SKHUN
|
||||||||
LULUS
|
%
|
TIDAK LULUS
|
%
|
LULUSAN
|
LANJUT
|
%
|
TIDAK LANJUT
|
%
|
HASIL
|
TARGET
|
|
2007/2008
|
77
|
100
|
-
|
0
|
77
|
77
|
100
|
-
|
-
|
7.82
|
6.50
|
2008/2009
|
51
|
100
|
-
|
0
|
51
|
51
|
100
|
-
|
-
|
8.61
|
7.00
|
2009/2010
|
59
|
100
|
-
|
0
|
59
|
59
|
100
|
-
|
-
|
7.76
|
7.50
|
2010/2011
|
66
|
100
|
-
|
0
|
66
|
66
|
100
|
-
|
-
|
8.02
|
7.60
|
2011/2012
|
113
|
100
|
-
|
0
|
113
|
113
|
100
|
-
|
-
|
7.95
|
7.70
|
b. Perolehan
Nilai Tertinggi dan Terendah
Tahun Pelajaran
|
Nilai
|
Bahasa Indonesia
|
Bahasa Inggris
|
Matematika
|
IPA
|
Jumlah
|
2007/2008
|
Klasifikasi
|
A
|
B
|
B
|
A
|
A
|
Tertinggi
|
9.20
|
9.00
|
9.00
|
9.00
|
35.40
|
|
Terendah
|
7.00
|
5.40
|
5.75
|
6.75
|
27.00
|
|
Rata-Rata
|
8.39
|
7.00
|
7.45
|
8.42
|
31.26
|
|
2008/2009
|
Klasifikasi
|
A
|
A
|
A
|
A
|
A
|
Tertinggi
|
8.80
|
9.80
|
10.00
|
9.75
|
36.85
|
|
Terendah
|
6.60
|
6.40
|
7.25
|
7.50
|
30.35
|
|
Rata-Rata
|
7.95
|
8.09
|
9.47
|
8.93
|
34.44
|
|
2009/2010
|
Klasifikasi
|
A
|
A
|
A
|
A
|
A
|
Tertinggi
|
8.60
|
8.80
|
9.75
|
9.75
|
35.65
|
|
Terendah
|
4.60
|
6.00
|
6.75
|
6.25
|
26.65
|
|
Rata-Rata
|
6.63
|
7.54
|
8.72.
|
8.11
|
31.05
|
|
2010/2011
|
Klasifikasi
|
A
|
A
|
A
|
A
|
A
|
Tertinggi
|
9.40
|
9.60
|
10.00
|
8.75
|
35.20
|
|
Terendah
|
6.20
|
6.70
|
3.25
|
5.57
|
26.95
|
|
Rata-Rata
|
8.03
|
8.17
|
8.02
|
7.87
|
32.09
|
|
2011/2012
|
Klasifikasi
|
A
|
B
|
B
|
A
|
B
|
Tertinggi
|
9.00
|
8.50
|
8.40
|
8.70
|
33.20
|
|
Terendah
|
4.90
|
4.60
|
6.00
|
6.40
|
22.60
|
|
Rata-Rata
|
8.12
|
7.16
|
7.00
|
7.60
|
29.88
|
c.
Perbandingan Pencapaian Nilai UN/Nilai Tahun sebelumnya
TAHUN PELAJARAN
|
JUMLAH NEM TERTINGGI
|
JUMLAH NEM TERENDAH
|
RATA-RATA NEM
|
2007/2008
|
35.40
|
27.00
|
31.26
|
2008/2009
|
36.85
|
30.35
|
34.44
|
2009/2010
|
35.65
|
26.65
|
31.05
|
2010/2011
|
35.20
|
26.95
|
32.09
|
2011/2012
|
33.20
|
22.60
|
29.88
|
d. Keadaan
Lulusan
NO
|
KETERANGAN
|
TAHUN PELAJARAN
|
|||
2008/2009
|
2009/2010
|
2010/2011
|
2011/2012
|
||
1
|
Melanjutkan ke
MAN
Buntet Pesantren
|
18
|
14
|
24
|
|
2
|
Melanjutkan ke
MAN Lain
|
2
|
4
|
4
|
|
3
|
Melanjutkan ke
MANU Putra Buntet Pesantren
|
11
|
11
|
11
|
|
4
|
Melanjutkan ke
SMK NU Mekanika Buntet Pesantren
|
3
|
0
|
1
|
|
5
|
Melanjutkan ke
SMAN/S
|
7
|
7
|
9
|
|
6
|
Melanjutkan ke
SMKN/S
|
6
|
22
|
12
|
|
7
|
Mesantren
|
2
|
1
|
2
|
|
8
|
Yang bekerja
|
0
|
0
|
0
|
|
9
|
Lain-lain/Belum
terdata
|
2
|
0
|
3
|
|
JUMLAH
|
51
|
59
|
66
|
7. PRESTASI YANG
PERNAH DICAPAI OLEH MADRASAH
a. Akademik
NO
|
PRESTASI
|
TAHUN PELAJARAN
|
1
|
Kelulusan Ujian
Nasional mencapai 100 %
|
2003/2004
s/d 2011/2012
|
2
|
Peringkat Nilai
tertinggi ke-4 Ujian Nasional UN se-KKM MTsN Babakan Ciledug atas nama
Ulinnuha
|
2012
|
b.
Non Akademik
NO
|
KEJUARAAN
|
TINGKAT
|
TAHUN
|
1
|
Juara ke-1 Badminton
|
Kabupaten
|
2008
|
2
|
Juara ke-1 Karya Tulis
|
Kabupaten
|
2008
|
3
|
Juara Ke-1 Olimpiade Mata
Pelajaran PAI
|
KKM MTsN Babakan
|
2010
|
4
|
Juara Ke-1 Harapan
Olimpiade Mata Pelajaran PAI
|
Kabupaten Cirebon
|
2010
|
5
|
Juara Ke-1 MTQ (a.n. Abdul
Rohim)
|
KKM MTsN Babakan
|
2011
|
6
|
Juara Ke-2 Kaligrafi
|
KKM MTsN Babakan
|
2011
|
7
|
Juara Ke-2 Catur
|
KKM MTsN Babakan
|
2011
|
8
|
Juara Ke-2 Pidato Bahasa
Arab
|
KKM MTsN Babakan
|
2011
|
9
|
Juara Ke-3 Pidato Bahasa
Inggris
|
KKM MTsN Babakan
|
2011
|
10
|
Juara Ke-1 Lomba Gerak
Jalan Putra Tingkat SLTP/MTs
|
Kecamatan
|
2011
|
11
|
Juara Ke-1 Harapan Lomba
Gerak Jalan Putra Tingkat SLTP/MTs
|
Kecamatan
|
2011
|
12
|
Juara Ke-3 MTQ (an. Abdul
Rohim)
|
Kabupaten
|
2011
|
13
|
Juara Ke-1 PORSENI
se-Kabupaten Cirebon
|
Kabupaten
|
2011
|
14
|
Juara Ke-1 MTQ (a. n.
Abdul Rohim)
|
KKM MTsN Babakan
|
2012
|
15
|
Juara ke-1 Porseni di SMAN
1 Waled (a.n. Abdul Rohim)
|
Wilayah III Cirebon
|
2012
|
16
|
Juara ke-1 Pidato Bahasa
Arab (a.n. Lukhis Syifa)
|
KKM MTsN Babakan
|
2012
|
17
|
Juara ke-1 Pidato Bahasa
Inggris (a.n. Ahmad Dihya Hadi Sucipto)
|
KKM MTsN Babakan
|
2012
|
18
|
Juara ke-2 Lomba Lari
(a.n. Adi Maulana Ahmad)
|
KKM MTsN Babakan
|
2012
|
19
|
Juara ke-2 Marawis se-KKM
MTsN Babakan Ciledug
|
KKM MTsN Babakan
|
2012
|
20
|
Juara ke-4 Futsal antar
Guru dan Dosen se-YLPI
|
Yayasan
|
2012
|
21
|
Top Skor Futsal se-YLPI
Buntet Pesantren
|
Yayasan
|
2012
|
8. RASIO PENERIMAAN
SISWA BARU ( 5 TAHUN TERAKHIR )
TAHUN PELAJARAN
|
JUMLAH SISWA
|
||
PENDAFTAR
|
DITERIMA
|
PROSENTASE DITERIMA
|
|
2007/2008
|
98
|
81
|
99.83
|
2008/2009
|
171
|
158
|
99.87
|
2009/2010
|
110
|
93
|
99.83
|
2010/2011
|
110
|
91
|
99.81
|
2011/2012
|
161
|
112
|
99.51
|
2012/2013
|
239
|
210
|
99.71
|
9. PENDIDIKAN GURU
DAN TENAGA KEPENDIDIKAN
IJAZAH
TERTINGGI
|
GURU DAN KARYAWAN
|
||
PNS
|
GTY/KTY
|
JUMLAH
|
|
S3/S2
|
1
|
1
|
2
|
S1
|
2
|
12
|
14
|
D3
|
-
|
0
|
-
|
D2/D1/SLTA
|
-
|
6
|
6
|
JUMLAH
|
3
|
19
|
22
|
10. JUMLAH GURU DAN
PEGAWAI
NO
|
JABATAN
|
GOLONGAN
|
JUMLAH
|
|||
I
|
II
|
III
|
IV
|
|||
1
|
Kepala Madrasah
|
-
|
-
|
-
|
1
|
1
|
2
|
Guru Tetap Kemenag
|
-
|
-
|
2
|
-
|
2
|
3
|
Guru DPK Kemendikbud
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
4
|
GBS Kemenag
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
5
|
Guru Tidak Tetap
|
-
|
-
|
-
|
-
|
14
|
6
|
Kaur Tata Usaha
|
-
|
-
|
-
|
-
|
1
|
7
|
Pegawai Tetap
|
-
|
-
|
-
|
-
|
4
|
8
|
Pegawai Tidak Tetap
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
11. KEADAAN GEDUNG DAN
BANGUNAN
NO NO
|
JENIS BANGUNAN
|
LUAS
(m2)
|
KEADAAN
|
JUMLAH
|
|||
BAIK
|
RUSAK
|
RR
|
RB
|
||||
1
|
Ruang Belajar
|
540
|
384
|
-
|
-
|
156
|
540
|
2
|
Ruang Kepala
|
4
|
-
|
-
|
√
|
-
|
4
|
3
|
Ruang TU
|
16
|
-
|
-
|
√
|
-
|
16
|
4
|
Ruang Guru
|
27
|
-
|
-
|
√
|
-
|
27
|
5
|
Perpustakaan
|
15
|
-
|
-
|
√
|
-
|
15
|
6
|
Ruang Pertemuan
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
7
|
Laboratorium Bahasa
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
8
|
Laboratorium IPA
|
5
|
-
|
-
|
√
|
-
|
-
|
9
|
Laboratorium Komputer
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
10
|
Musholla
|
4,8
|
-
|
-
|
√
|
-
|
4,8
|
11
|
Pos Satpam
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
VISI,
MISI, STRATEGI TUJUAN MADRASAH DAN
MOTTO
MTs
NU PUTRA 1 BUNTET
PESANTREN CIREBON
A. VISI
Terwujudnya
insan Ahlusunnah Wal Jama’ah, yang berdisiplin tinggi, berwawasan luas dan
tangguh dalam kompetisi global.
B. MISI
1. Membentuk
siswa yang berkepribadian siswa dengan faham Ahlussunnah Wal Jama’ah.
2. Mewujudkan
siswa yang berakhlakul karimah, berilmu, jujur, kreatif, ikhlas beramal,
amanah, dan berdaya saing.
3. Menumbuhkembangkan
sikap disiplin, keterbukaan, dan kebersamaan.
4. Mewujudkan sistem dan iklim pendidikan yang
islami
C. STRATEGI
1. Penyempurnaan
Penataan Penampilan Madrasah.
2. Penyempurnaan
Sistem kerja untuk meningkatkan kualitas pelayanan.
3. Pemanfaatan
sarana dan prasarana sekolah secara maksimal.
4. Optimalisasi
Sumber daya manusia
5. Pelaksanaan
Visi, Misi dan Strategi Madrasah secara maksimal.
TUJUAN SEKOLAH
1.
Untuk mewujudkan santri yang terpelajar
dan pelajar yang santri.
2.
Untuk mewujudkan murid yang pinter dan
bener.
3.
Untuk melayani umat mendapatkan
pelajaran, pengajaran dan pendidikan.
4.
Untuk menghasilkan tamatan yang siap
maju dan mampu melayani sosial kemasyarakatan khususnya dalam bidang keagamaan.
MOTTO
Jadilah manusia
yang pinter dan benersumber: www.buntetpesantren.org
Subscribe to:
Posts (Atom)
Salah satu siswa/santri yang mengikuti kelas speaking/ Presentasi
-
Buntet Pesantren Cirebon memiliki perguruan tinggi bernama Akademi Perawat atau Akper Buntet Pesantren. Kelebihannya, selain mendalam...
-
1. Santri akan tinggal satu rumah dengan pengasuh santri. Pengasuh santri melakukan pembinaan dan pengawasan kehidupan sehari-hari para...
Comment